Saturday, 13 June 2009

Tahapan Saat Mulai Belajar Internet Marketing

Kian hari kelihatannya kian banyak orang Indonesia yang ingin mulai belajar internet marketing. Masing-masing punya alasan yang berbeda. Ada yang ingin sekedar bisa membuat blog, mungkin biar enggak gaptek ya.... Sekarang tehnologi khan sudah maju, masa hari gini belum punya blog? Ada juga yang karena tergiur iming-iming mudahnya mencari uang di internet, ingin mendapat penghasilan tambahan dengan bekerja dari rumah, mendapat dollar dari program Google Adsense, jualan di Clickbank atau Amazon, ada juga yang karena ingin punya toko online, dsb.

Sebagian besar pemula mulai belajar internet marketing dari membuat blog gratisan, baik itu di blogger, wordpress.com, multiply, dsb. Karena proses pembuatan blog gratisan ini memang mudah, sebagian besar pemula bisa melalui tahapan ini.

Setelah selesai memposting artikel di blog, pada umumnya pemula mengharapkan adanya orang yang memberi komentar / masukan di blog barunya tersebut. Mulai deh mereka memberitahu ke teman-teman kalau sekarang punya blog, ayo kunjungi dan kasih komentar ya...dan melakukan promosi lewat situs pertemanan seperti facebook, friendster.

Terus biasanya pemula mulai bingung, temanku sudah berkunjung belum ya? Gimana ya caranya mengetahui ada enggak sih yang mengunjungi blogku? Berapa orang ya yang mengunjungi blogku hari ini? Akhirnya mereka mencari tahu alat untuk mengetahui statistik pengunjung blog dan ketemu deh histats, sitemeter, Google analytics, dsb.

Setelah itu biasanya pemula mulai belajar otak-atik penampilan blog. Belajar bagaimana cara memasang daftar link, cara memasang widget, kok di blog orang lain ada iklannya seperti kumpulblogger, adsensecamp, gimana ya cara daftar dan masangnya?

Karena banyak widget / gadget yang dipasang, template blog bawaan blogger biasanya dirasa tidak lagi memadai. Mulai deh mencari template blogger 3 kolom yang gratis atau cari info free blogger tempate dan panduan cara mengganti template blog. Otak-atik ganti template, sukses, senang banget deh rasanya.

Terus setelah diamat-amati lagi kok di blog orang lain ada tulisan read more, gimana ya cara buatnya? Gimana ya cara nampilin gambar? Gimana cara membuat komentar di bawah postingan? Gimana caranya agar blog ramai komentar? dsb. Cari info ternyata di Blog Kang Rohman dan Blog Mas Kendhin banyak tutorial dan trik tips blogspot yang ditujukan untuk pemula.

Selain itu mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana ya caranya agar blog kita lebih ramai pengunjungnya dan bagaimana caranya agar artikel kita bisa masuk di halaman depan search engine? Gimana cara submit ke search engine Google dan submit ke Yahoo? Gimana cara membuat sitemap dan mendaftar Google Webmaster tools? Apa itu SEO? Apa sih manfaat Search Engine Optimization (SEO) itu? dsb.

Pertanyaan-pertanyaan itu mungkin pada akhirnya bermuara ke bagaimana cara mencari uang lewat internet? Mana uangnya, saya sudah ngeblog sekian lama kok belum kelihatan hasilnya? Bener enggak nih bisnis online bisa menghasilkan uang?

Nah akhirnya pertanyaannya apakah dengan melakukan langkah-langkah di atas uang langsung mengalir? Hm sayangnya belum tuh. Masih butuh tahapan-tahapan lain. Karena memang proses belajar bisnis online ini enggak mudah, makanya kursus internet marketing dan ebook yang menjual tips-tips menarik tentang internet marketing, panduan membuat ebook, panduan membuat website dan panduan bisnis affiliasi, ngeblog dapat duit, dsb laris manis.

Sayangnya hanya sekedar ikut kursus dan beli ebook tidak menjamin Anda sukses di bisnis internet marketing. Butuh ketekunan, kerja smart, dan konsistensi. Itu sebabnya banyak orang yang merasa putus asa dan berhenti nge-blog. Karena banyak yang tidak berhasil, mulai timbul anggapan negatif terhadap bisnis online.

Hayoo...sekarang masih berminatkah Anda belajar internet marketing? Bisnis internet marketing menjanjikan passive income, modal kecil, bisa dikerjakan dari rumah dengan bermodalkan internet. Pekerjaan Anda bisa diotomatisasi dengan bantuan autoresponder, sekretaris robot handal yang mampu bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu. Bila Anda sukses, website yang Anda buat bisa menjadi mesin uang. Sayangnya, jalan menuju sukses tidaklah mudah. Siapkah Anda melangkah?

Bila Anda merasa Anda tak akan mampu melalui semua tahapan tersebut, bila Anda merasa bisnis online tidak cocok untuk Anda, ya jangan dipaksa. Tapi bila Anda penasaran ingin mencoba dan meneruskan belajar internet marketing, berikut panduannya:

1. Anda bisa belajar gratis dari membaca artikel-artikel di blog. Cara paling cepat dengan searching di Google, ketikkan kata kunci yang ingin Anda ketahui jawabannya. Pilih beberapa artikel di blog yang mungkin bisa menjawab pertanyaan Anda tersebut.

2. Bila Anda merasa cara nomer 1 kurang praktis karena tidak terstruktur, Anda bisa mencari ebook yang membahas khusus masalah Anda tersebut. Ada ebook yang dibagikan gratis, ada pula yang mengharuskan kita membayar.
Contoh: Ebook SponsoredReviews dibagikan gratis oleh Mas Eko Nurhuda, ebook Preman Internet dibagi secara gratis oleh Peter Kohar, report 1 juta rupiah pertama Anda lewat internet dibagikan secara gratis oleh Welly Mulia, Pak Davit pun bagi-bagi 2 ebook gratis yang cocok banget untuk pemula bila Anda mau mengisi nama dan alamat email di Rahasia Website Pemula, dsb.

Yang perlu Anda ingat, setiap kali selesai mengisi nama dan alamat email, Anda perlu melakukan konfirmasi. Masuk ke email yang tadi Anda daftarkan, klik link konfirmasi yang ada di sana. Setelah tahapan proses tersebut baru Anda bisa mendownload ebooknya.

Sebagian pemilik ebook memberikan contoh ebook gratis mereka. Dari sana Anda bisa melihat dan menilai bagaimana kualitas tulisan mereka. Bila Anda merasa cocok, bisa dilanjutkan dengan membeli ebook yang mereka tawarkan. Bila tidak ya Anda tidak perlu membeli ebook mereka...

3. Bila Anda ingin menempuh jalan cepat carilah guru / pembimbing. Misalnya dengan mengikuti kursus internet marketing. Kursus internet marketing terbaik di Indonesia adalah Asian Brain. Gurunya Anne Ahira, internet marketer kelas dunia, tidak diragukan lagi kemampuan mengajarnya. Tapi kursus ini berbayar, biayanya bulanan. Jadi siapkan dana dan waktu khusus untuk belajar jika Anda memutuskan bergabung dengan Asian Brain.

4. Alternatif lain kursus internet marketing gratis bisa Anda dapatkan di BelajarBisnisInternet.com. Tapi kursus gratis BBI selama 29 hari ini juga enggak selamanya gratis lho.

5. Bagi Anda yang merasa diri gaptek, bersyukurlah karena Pak Davit secara khusus membuat panduan ebook khusus untuk pemula yang gaptek. Bahasanya mudah dimengerti, panduannya step by step. Selain dari ebook Rahasia Website Pemula, Anda akan dibimbing langsung melalui newsletter yang dikirim ke alamat email Anda secara berkala.

Nah Anda pilih yang mana? Oh ya tulisan yang warnanya beda itu bisa diklik menuju ke artikel lain ya. Mudah-mudahan Anda bisa mendapatkan jawaban pertanyaan Anda di artikel yang Anda klik tersebut. Silakan baca-baca dan direnungkan deh. Salam sukses.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



28 comments:

Ferry Prima said...

Makasih yah infonya.. baru tahu saya kalau preman internet itu gratis :D dan cerita tentang newbie yang baru belajar kena banget ke saya hoho..

salam kenal yah :)

belajar internet marketing said...

keren postingannya alamiah n pemikiran yang bagus,teliti n komplit deh

teddy said...

Menarik sekali postingannya, saya mau nanya nich, saya tertarik sekali dengan adsense, apakah asian brain cocok untuk saya? selama ikut asian brain apakah sudah dapat earning yang lumayan dari adsense? trus tentang free traffic system apakah hanya untuk blog yang berbayar/wordpress?,makasih banyak...

Belajar Internet Marketing said...

To Ferry Prima:
Banyak banget ebook gratis yang dibagikan oleh para internet marketer. Sebagian tujuannya untuk viral marketing, sebagian lagi untuk promosi ebook berikutnya :). Yup Preman Internet gratis kok. Coba aja download. Bagus kok...
Ceritanya mirip sama cerita Ferry, iya tha? hehe :)
Salam kenal dan salam sukses ya.

To Belajar Internet Marketing:
Wah nickname kita sama :)
Salam kenal ya kembaran. Salam sukses juga.

To Teddy:
Di Asian Brain materi adsense bisa diakses setelah hari ke 10 (setelah kita positif jadi murid Asian Brain, soalnya masa garansinya 10 hari ). Materi adsense di Asian Brain bagus tapi tetap aja pada prakteknya hasil adsense tergantung topik yang kita pilih, selain itu kita harus melakukan testing penempatan adsense yang maksimal.
Sebagai contoh Bu Guru buat 9 blog, topik beda, perlakuan sama. Hasilnya macam-macam bervariasi, ada yang dodol, ada yang dahsyat, ada yang biasa. Yang dodol misalnya banyak pengunjung sedikit klik, hasil per kliknya juga kecil. Yang dahsyat baru diisi 5 artikel 4 page impression, 1 kali klik tapi nilainya $5.43
Jadi tergantung banget khan. Coba pelajari adsense sambil main game theadsensegame.com punya Joel Comm. Ubah topik, penempatan, dll lihat hasilnya...
Free traffic system ini hanya bisa untuk blog wordpress yang berbayar. Sekarang di Asian Brain ada member yang menawarkan content matic juga khusus untuk member AB. Juga khusus untuk wordpress yang berbayar.
Apakah Asian Brain cocok untuk Teddy? Saya kira begitu, banyak banget yang bisa kita pelajari di AB. Selamat bergabung jadi ABers...Salam sukses.

mufti said...

numpang baca

Belajar Internet Marketing said...

Hehe Mas Mufti kalau ke sini komentarnya numpang baca terus...:)

Purba said...

Bagus nih mbak... semangat!

SUGIANA said...

Bagus Mba Yusi ngejelasinya dari awal, jelas dan banyak alternatif yang bisa menjadi bahan tuk belajar internet marketing.
Salam Sukses

Belajar Internet Marketing said...

To Purba dan Sugiana
Thanks sudah berkunjung dan memberi komentar yang positif...Salam sukses ya

jarwanto said...

i like your blog so much. your blog is very nice. i hope you can give your time to visit my blog to at http://www.money-internetmarketing.blogspot.com

and http://www.internetmarketing-makemoney.blogspot.com. I know my web at http://www.money-internetmarketing.blogspot.com and www.internetmarketing-makemoney.blogspot.com it's not to nice like your blog. but I hope you can give your time to visit me at http://www.money-internetmarketing.blogspot.com and www.internetmarketing-makemoney.blogspot.com

thank You very much.

Belajar Internet Marketing said...

Hi Jarwanto,
I have visired your blogs. They are interesting. I think you need update content consistently. Google loves content, keywords, and backlink.
Success for you

Mif on the duty said...

Ini lagi asyik baca2 di blog mbak yang cantik ini.heheh.bagus tulisannya n menambah ilmu saya juga.makasih ya :).sukses selalu y

Belajar Internet Marketing said...

Thanks ya sudah berkunjung. Thanks juga atas pujiannya.
Salam kenal dan salam sukses selalu

sehat dengan reiki said...

Selain E Book yang bisa dipelajari setelah mendownload di internet, Buku tentang materi internet juga banyak bertebaran di toko buku. Membandingkan versi E Booknya dengan yang ada di Buku bahasannya hampir sama. Yang di toko buku biasanya ditulis oleh orang yang minimal sudah mengerti internet dan merasakan sukses mengelola bisnis di internet. Mereka ingin sharing pengalamannya tidak hanya di medium internet tetapi juga berbagi pengalaman di versi buku cetak.
Syukur sekarang banyak penulis E Book yang sukses telah membagikan ilmunya dengan gratis lewat internet dan materi bisa didownload setelah membuka internet.
Termasuk juga pengalaman saya di dunia Reiki yang untuk Lokakarya saja menghabiskan jutaan rupiah dan mempraktekkan ilmu ini untuk membantu sesama, sekarang sudah ada Website Reiki Gratis yang bisa diikuti pengunjung yang ingin belajar untuk menjadi "Sehat sampai tua tidak sakit-sakitan", hanya dengan belajar gratis reiki lewat internet.
Trims Jeng Yusi atas postingan kali ini untuk mencerahkan pemula di dunia bisnis internet dengan data-data sekolah internet baik berbayar dan gratis. Sukses untuk Anda dan salam sehat selalu...tentunya dengan Reiki.

Belajar Internet Marketing said...

Hai Pak Djoko,
Thanks sudah menjadi pembaca setia blog ini. Yup saya kelupaan memasukkan buku sebagai sumber pembelajaran internet marketing. Thanks a lot sudah mengingatkan.
Tapi kalau kita milih buku internet marketing harus jeli juga karena enggak semua penulis buku tersebut benar-benar pernah praktek dan sebaiknya jangan memilih yang judulnya bombastis :).
Salam sukses dan sehat dengan Reiki untuk Pak Djoko.

Stop Dreaming Start Action said...

menarik nih

Belajar Internet Marketing said...

Hai,
Salam sukses ya

stopdreaming said...

Bagus sekali postingannya. Info bagaimana cara belajar internet marketing, di sini dikemukakan banyak pilihan. Yang gratis maupun berbayar, Anda tinggal pilih. Sip deh...

Belajar Internet Marketing said...

Muridnya Anne Ahira juga ya. Salam kenal dan salam sukses ya

ekosulistio said...

makasih informasinya..., sangat membantu.... thanks ya.. tak tunggu kunjungan baliknya

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal buat Mas Eko Sulistio.
Saya sudah berkunjung ke blog Anda. Bagus tuh, artikelnya menginspirasi.
Salam sukses ya...

belajar bisnis internet said...

Salam Sukses selalu…
saya sangat kagum dengan postingan2 Anda boss! terima kasih telah banyak berbagi.

kkyo said...

ijin nempel link pembuat kaya raya bos

http://tinyurl.com/2gxy8mt
ato
http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150269796650532

terima kasih ^^

mobil keluarga ideal terbaik Indonesia said...

Salam Sukses selalu…
saya sangat kagum dengan postingan2 Anda boss! terima kasih telah banyak berbagi.

Baby Center said...

Bagus sekali postingannya. Info bagaimana cara belajar internet marketing, di sini dikemukakan banyak pilihan. Yang gratis maupun berbayar, Anda tinggal pilih. Sip deh

mobil indonesia terbaik said...

Saya sudah berkunjung ke blog Anda. Bagus tuh, artikelnya menginspirasi.
Salam sukses y

mobil keluarga terbaik said...

Muridnya Anne Ahira juga ya. Salam kenal dan salam sukses ya

Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia said...

Blognya keren. salam kenal gan.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online