Wednesday, 12 August 2009

Peluang Bisnis Internet

mto-banner-fb-01 Artikel ini merupakan kelanjutan artikel Bisnis Online Mana yang Cocok untuk Anda. Di artikel tersebut sudah dibahas peluang bisnis internet Google Adsense, PTC (Pay to Click), dan Paid Review. Yuk kita lihat peluang bisnis internet lainnya jualan link, jualan ebook, reseller ebook / program affiliasi, dan toko online.

- Jualan Link
Sebagian besar situs yang menyediakan jasa penjualan link mensyaratkan blog dengan Google PR dan traffic tertentu. Ada sih yang dari sisi persyaratan cukup mudah misalkan Ask2Link yang mau menerima blog bahasa Indonesia, minimal Google PR 1 dan alexa rank di bawah 2 juta, bahkan blog gratisan pun bisa. Namun kenyataannya bila blog yang didaftarkan tersebut belum tinggi Google PRnya dan trafficnya belum banyak, kecil kemungkinan ada yang tertarik memasang link.

Jadi sebaiknya bila ingin jualan link, kita harus berupaya agar blog kita banyak pengunjungnya dan memiliki Google PageRank tinggi. Blog yang dikelola dengan baik bisa menghasilkan passive income, Anda bisa mendapatkan uang dari hasil jualan link dan banyak advertiser yang akan tertarik beriklan. Jadi kita harus terus meningkatkan dan mempertahankan Google PR dan traffic blog Anda.

- Jualan Ebook
Ada banyak internet marketer yang sukses berjualan ebook. Dalam pembuatan ebook ini Anda perlu melakukan riset ebook apa yang banyak dicari orang dan diperlukan kemampuan membuat sales letter yang menarik.

Karena medianya digital, ebook memiliki kelebihan dalam proses pendistribusian. Tidak perlu memakai jasa pengiriman, tidak perlu proses pencetakan, dsb. Biasanya setelah pembeli mentransfer uang, proses pengaktivasian dilakukan. Kemudian di member area Anda dapat mendownload ebook yang telah Anda beli tersebut.

Modal yang dikeluarkan oleh para penjual ebook termasuk kecil, jadi persentase keuntungan yang dihasilkan pemilik ebook besar banget. Namun saat ini banyak sekali ebook, bahkan banyak yang diberikan secara gratis. Jadi bagi Anda yang ingin berjualan ebook, lakukan riset terlebih dahulu. Sebagian besar pemilik ebook memasarkannya dengan viral marketing dengan sistem reseller / afiliasi.

- Reseller Ebook dan program afiliasi
Sebagian besar ebook menawarkan kita menjadi reseller. Bila kita membantu penjualan ebook tersebut kita akan mendapat komisi. Besarnya bervariasi. Misalkan ebook Formula Bisnis menawarkan komisi 50%. Karena harga ebook tersebut Rp 200.000, maka komisi yang kita terima bila ada orang yang membeli ebook tsb dari link afiliasi kita adalah Rp 100 ribu.

Di Rahasia Website Pemula kita bisa mendapat komisi 100% (sampai keanggotaan RWP mencapai angka 1000). Harga jual saat harga normal Rp 150 ribu. Saat ini lagi ada diskon harga RWP menjadi Rp 75 ribu (dalam rangka HUT RI, jadi masa diskonnya tinggal beberapa hari lagi).

Di formula bisnis, pembeli melakukan transfer langsung ke rekening pengelola dan reseller. Di Rahasia Website Pemula karena komisinya 100%, pembeli melakukan transfer langsung ke reseller. Tapi ada juga produk yang mensyaratkan transfer dilakukan ke pemilik ebook dan komisi dibayarkan ke anggota secara periodik misal setiap tanggal 15 dan 30 (2 minggu sekali), contohnya ebook Willy Mulia dan GM Susanto. . Sedangkan Asian Brain merupakan program afiliasi yang dibayar bulanan (setiap tanggal 25).

Dengan menjadi reseller atau afiliasi kita seolah menjadi makelar atau perantara. Komisi akan didapat bila ada produk yang laku dari link afiliasi Anda. Ada juga model afiliasi gratis, Anda membantu penjualan ebook tanpa harus membeli ebook tersebut, contohnya Bebas Pikiran, Ngeblog Dapat Duit, Adsense Black Magic, Tip Sakti, Preman Internet, dsb.

Kunci sukses di program afiliasi ini ada di proses follow up. Untuk itu kita perlu memanfaatkan autoresponder. Eh sekarang sudah ada Indoresponder, autoresponder buatan Indonesia yang terjangkau harganya. Banyak pembelian yang terjadi setelah follow up yang kesekian kalinya.

Menjadi affiliate penjualan ebook merupakan program yang menarik karena kita bisa melakukannya tanpa modal atau hanya mengeluarkan modal sekali di awal. Kalau kita bisa mendapatkan pendapatan yang konsisten dari program afiliasi, wow asyik banget deh...(caranya bisa dipelajari di ebook ke 9 Rahasia Website Pemula).

- Toko Online
Anda memiliki produk UKM dan ingin berjualan lewat internet? Kenapa tidak mencoba menjualnya melalui toko online? Menurut beberapa teman yang sudah sukses dengan bisnis toko onlinenya, omsetnya lumayan lho.

Dari segi pesaing, peluang bisnis ini di Indonesia masih terbuka lebar, saat ini masih minim / sedikit pesaing. Untuk menduduki peringkat atas di Google Indonesia masih terbilang mudah. Karena masih banyak kata kunci dalam bahasa Indonesia yang belum teroptimasi, belum banyak dilirik para ahli SEO Indonesia.

Tidak memiliki produk sendiri dan tidak memiliki modal sebenarnya juga bukan merupakan kendala. Anda bisa mengajak kerja sama pengrajin UKM yang ada di kota Anda misalnya, tawarkan ide Anda memasarkan produknya melalui internet. Anda yang membuat website toko online tersebut dan mengelolanya. Anda foto produk yang mau Anda jual untuk dimasukkan ke website. Saat terjadi pembelian, baru Anda kontak partner kerja Anda tersebut. Anda untung, partner kerja Anda juga. Win win solution khan.

Yang perlu Anda lakukan mencari tahu produk apa yang bakal laku dipasarkan melalui internet dan bagaimana kondisi persaingan produk tersebut. Setelah itu Anda bisa mulai membuat website toko online Anda, memasang foto-foto produk, mengoptimasi situs beserta kata kunci yang hendak ditarget, memikirkan cara order produk, pengepakan, proses pengiriman, cara pembayaran, dsb.

Agar prosesnya cepat (SEO merupakan cara promosi gratis tapi butuh waktu), Anda perlu melakukan promosi, bisa melalui facebook, adwords, iklan baris, maupun media iklan lain seperti kumpulblogger, kliksaya, dsb.

Saat awal memulai toko online, mungkin Anda akan terkantuk-kantuk menunggu orderan datang. Tapi bila Anda sudah menemukan caranya, order Anda mulai berdatangan, Anda bakal kewalahan jika mau melakukan semua proses sendirian.

Proses yang harus dilalui saat memulai toko online jauh lebih rumit dibanding menjadi afiliasi penjualan ebook. Saat Anda memiliki toko online yang menjual produk fisik, proses pengiriman tidak bisa seketika seperti halnya produk digital. Anda perlu bekerjasama dengan beberapa jasa pengiriman produk.

Orang Indonesia masih dalam masa transisi dalam belanja online ini. Jadi wajar kalau kadang masih ada yang ragu, kuatir, dsb. Sebagai pemilik toko online, Anda harus bisa menghapus ketakutan dan keraguan pembeli. Misalnya dengan mencantumkan nama, alamat, nomer telepon / HP Anda secara jelas, harus mudah dihubungi, mau mendengarkan dan menyikapi komplain dengan baik, dsb.

Kelihatannya proses pembuatan toko online ini yang paling rumit ya dibanding peluang bisnis internet lainnya. Tapi menurut mereka yang sudah sukses, prosesnya jauh lebih mudah dan menguntungkan dibandingkan toko konvensional. Untungnya jauh lebih terasa. Saat usaha Anda sudah berkembang pesat, uang sudah mengalir, kesulitan di awal itu tidak berarti apa-apa lagi. Toko online dengan produk UKM bisa menjadi pilihan bagi Anda yang berjiwa wiraswasta dan ingin menghasilkan rupiah dari internet.

Bagaimana, setelah mempelajari berbagai macam peluang bisnis internet, sudahkah Anda mendapatkan gambaran, mana peluang yang akan Anda ambil? Kunci suksesnya adalah fokus. Setiap pilihan memiliki tingkat kesulitan sendiri-sendiri. Pilihlah bisnis internet yang paling sesuai dengan Anda, tekunilah, jadilah pakar di bidang tersebut. Saat mengalami kendala jangan mudah menyerah. Jangan pernah putus asa. Jangan pula latah ikut-ikutan teman. Yuk kita raih sukses sesuai pilihan yang kita ambil. Salam sukses selalu.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



29 comments:

Arief Maulana said...

Wah pencerahan lagi neeh buat newbie. Mantap mbak Yusi...

Belajar Internet Marketing said...

Hai Arief, thanks ya atas kunjungannya.
Syukur deh sudah sembuh dan sudah aktif beraktifitas lagi.
Salam sukses.

Bisnis Online said...

Numpang baca .. thx for share

Belajar Internet Marketing said...

Hai salam kenal dan salam sukses untuk bisnis online.

Arswino Sonata said...

Halo Mba Yusi,

Terima kasih banyak atas infonya. Alangkah baiknya jika kita bisa mencoba kesemua cara tersebut, karena masing-masing cara memberikan tantangan yang berbeda-beda dan pada akhirnya akan memperlengkap ilmu internet marketing kita.

Salam sukses luar biasa, Mba Yusi.

Belajar Internet Marketing said...

Kalau bisa sukses di semua bidang sih memang asyik. Tapi biasanya buat pemula belajarnya perlu step by step. Fokus dulu sampai berhasil, baru nyoba yang lainnya. Kepingin juga sih bisa menguasai semuanya dengan baik...

salam sukses luar biasa juga buat Anda.

download gratis said...

salam kenal mbak yusi.. kunjungan perdana nih..kalau mbak yusi pertama kali mengawali bisnis internet ikut program apa mbak?

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal juga...
Saya pertama ikut Asian Brain terus masarin affiliasinya.
Salam sukses

vision2eyes@gmail.com said...

great blog keep up the good work

mengembalikan jati diri bangsa said...

wah.. penjelasannya sangat terperinci dan langsung di ikuti kode afiliasi... :D
hehehe...
sukses bu buat bisnisnya... salam kenal

Belajar Internet Marketing said...

To Vision2eyes: Thanks for commenting.
To Mengembalikan jati diri bangsa: salam kenal dan salam sukses juga untuk Anda. Selamat berjuang di kontes Stop dreaming start action.

ALfred's blog said...

Affiliasi lebih seru mbak...salam hangat...Alfred

Belajar Internet Marketing said...

Setiap program sih ada plus minusnya. Tergantung kita cocok di mana dan tekunilah. Di affiliasi kita bisa memperoleh uang / komisi dalam jumlah lumayan tapi untuk meyakinkan orang membeli produk juga perlu upaya khan...
Di semua program ada tantangannya tersediri.Bagus kalau Alfred sudah menentukan pilihan.
Salam sukses selalu.

Stop Dreaming Start Action said...

nice artikel.. sukses selalu buat yg punya blog. :)
salam Stop Dreaming Start Action

dfian said...

sip..perlu belajar banyak dari mbaknya nih

Belajar Internet Marketing said...

@ Herman & Dfian:
Thanks sudah mampir dan berkomentar. Kita sama-sama belajar deh. salam sukses selalu...

viralmarketing2themax said...

One of the effective means of viral marketing is offering freebies like an ebook or any other service. It will take some time before you can achieve your target but soon it will be worth the effort especially if valued users patronize the thing that you offer.
______________
Free Viral Marketing Crash Course

Belajar Internet Marketing said...

Yup, I agree that is another opportunity. Thanks a lot for reminding me and for your information.

moratmarit said...

Mkasih mbak, kayae perlu belajar dari blog ini nih..salam kenal mbak yusi.

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang | moratmarit | oes tsetnoc | cah bagoes

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal juga...
Wah kalau mau belajar lebih baik carilah guru yang terbaik di bidang tersebut...
Salam sukses ya

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang said...

Banyak sekali peluang mencari duit di internet...
Terima kasih...

Kerja Keras Adalah Energi Kita said...

Keren penjelasan peluang bisnis nya...
Salam n sukses

Desi said...

Berkunjung mencari info peluang bisnis di internet...
Sukses

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal dan salam sukses juga untuk Anda semua...

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja said...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja said...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja said...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja said...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja said...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online