Thursday, 29 January 2009

Alat Untuk Mengecheck Posisi Artikel Di Google

Bila Anda ingin mengetahui kata kunci yang dibidik berada di posisi berapa di Google, dengan cara manual kita bisa pergi ke Google search engine, mengetikkan kata kunci tersebut dan mencarinya satu per satu. Bila artikel kita berada di urutan depan sih enggak masalah, kita pasti senang. Tapi kalau dicheck sampai halaman 10 masih belum nemu juga, hiiih kesal dan bosan khan nyarinya. Untunglah ada tools yang bisa membantu mengecheck posisi kata kunci yang kita bidik di Google.

Untuk mengecheck apakah blog kita sudah terindex di Google dan berapa artikel yang terindex, saya kira sudah banyak yang mengetahuinya. Kita cukup pergi ke www.google.com bila target market kita Internasional atau ke www.google.co.id untuk blog berbahasa Indonesia. Lalu ketikkan site:namadomain.com akan terlihat artikel Anda yang sudah terindex oleh Google.

Sekarang kalau kita sudah membuat artikel yang membidik kata kunci tertentu, kita ingin tahu kata kunci tersebut ada di urutan berapa SERP (Search Engine Result Page), bagaimana hasil penerapan SEO di Google. Caranya:
1. Gunakan SEO Web Tool Google PageRank Prediction
2. Select a Google : Anda mau menggunakan Google.com, Google.co.id atau lainnya (tergantung negara yang menjadi target market).
3. Isi target keyword dengan kata kunci yang Anda bidik / ingin diketahui posisinya di Google
4. Your domain or URL: isi dengan nama blog Anda
5. Klik kirim Query

Tunggu beberapa saat Anda akan melihat hasilnya. Anda bisa melihat website saingan Anda sampai posisi 100. Gimana lebih praktis bukan? Selamat mencoba, selamat menaikkan posisi artikel / blog Anda di search engine Google dengan belajar teknik SEO.

Baca Selengkapnya......

Monday, 19 January 2009

Seni Mencari Uang di Internet

Setujukah Anda kalau cari uang lewat internet itu gampang-gampang susah atau susah-susah gampang? Kadang suatu yang sangat Anda harapkan malah tidak sesuai , sebaliknya ada yang terjadi tanpa disangka-sangka.

Beberapa waktu lalu saya mendaftar Global Test Market. Katanya sih survey akan dikirim lewat email. Lama banget tidak ada email untuk survey. Eh hari ini saya lihat di inbox ada email dari frontdesk@globaltestmarket dengan judul Undangan Survey GlobalTestMarket. Dengan semangat saya buka email tersebut, disitu tercantum market poin untuk survey 5-50 tergantung dari kualitas tanggapan pada sejumlah poin kunci dalam proses survey tersebut.

Saya klik link yang menuju proses pengisian survey. Pertanyaan pertama gampang banget, dalam bahasa Indonesia lagi. Tentang jenis kelamin, dilanjutkan apakah saya tinggal di Jakarta atau luar Jakarta. Setelah itu...di layar ada tulisan ucapan terima kasih. Saya baca ternyata saya tidak memenuhi persyaratan untuk survey kali ini :( . Ya ampun sudah nunggu lama ternyata masih belum jodoh dapat uang dari Global Test Market...

Sebaliknya waktu AW Survey saya semangat banget waktu tahu dalam waktu singkat bisa mengumpulkan poin $27, tapi redeem baru bisa dilakukan setelah mencapai $75 dan sayangnya sampai saat ini belum ada survey baru yang bisa dikerjakan. Waktu saya posting artikel Mengisi Survey di AW Survey Mudah dan Langsung Dapat Poin, ada beberapa orang yang menulis komentar yang intinya menanyakan apakah AW Survey bukan scam. Tujuan mereka semua baik, agar saya tidak memupuk harapan terlalu tinggi terus kecewa.

Ya sudah, saya juga menasehatkan kalau ada yang mau jadi refferal saya baca dulu kolom komentar, kalau sampai program tersebut scam (tidak membayar) agar sudah siap mental. Kalau proses pendaftarannya sih free, pengisiannya juga tidak membutuhkan waktu lama. Tapi kalau bener enggak membayar kekecewaan itu pasti ada. Anehnya kok masih ada ya yang mau mendaftar? Sampai hari ini ada 12 orang refferal di AW Survey. Karena per 1 orang refferal saya dapat $1.25 maka total amount $42. Hmm tunggu sampai $75 agar bisa membuktikan AW Survey scam atau enggak.

Waktu Welly Mulia memberikan affiliasi gratis ebook Ngeblog Dapat Duit dan Adsense Black Magic, saya senang tapi sekaligus juga bingung. Senang dong bisa jualan barang tanpa harus beli produknya terlebih dahulu. Tapi bingung juga gimana cara promosinya, lha apa isi ebook itu aja saya enggak tahu. Akhirnya saya tulis artikel Manfaat Berlangganan Newsletter Gratis, eh enggak nyangka beberapa hari kemudian ada email dari Welly Mulia yang memberitahu saya dapat komisi Rp 48500 dari penjualan 1 ebook Adsense Black Magic. Mungkin bagi orang lain jumlah tersebut kecil, tapi bagi orang yang mengumpulkan receh demi receh dari internet, bisa dapat penghasilan merupakan kegembiraan tersendiri (atau cuman saya ya yang kayak gini?).

Waktu pertama kali gabung di Asian Brain, terus terang saya juga kepikiran sama biaya kursusnya, khan bayarnya per bulan tuh. Ada teman yang nanya mending mana beli ebook yang sekali bayar atau ikut kursus Asian Brain? Saya bilang kalau beda. Isi ebook lebih spesifik membahas hal khusus misalnya Adsense Black Magic tentunya dari judulnya kelihatan kalau fokus membahas tentang AdSense. Panduan Belajar Wordpress tentunya berisi panduan bagi orang yang ingin belajar membuat blog atau website di Wordpress dan menghasilkan uang dari bisnis internet.

Kalau Asian Brain materinya lebih banyak, karena itu dibagi menjadi modul bulan 1, 2,3,4,5, tingkat lanjut. Di Asian Brain diajarkan beberapa cara untuk menghasilkan uang dari internet, tinggal pilih mana yang sesuai dengan kita.

Terus sampai kapan nih bisa "lulus" dari Asian Brain? Kalau saya perhatikan banyak juga tuh member Asian Brain yang lebih dari 5 bulan. Kenapa mereka enggak "lulus-lulus" ya? Ternyata ngapain keluar, lha di Asian Brain justru semakin lama kita semakin mengerti materi, semakin asyik tuh. Apalagi kalau klien kita sudah banyak (4 orang klien biaya kursus gratis, lebih dari 4 sudah dapat penghasilan tambahan). Ditambah lagi ada banyak prospek. Materi juga selalu diupdate. Perkembangan internet marketing khan cepat banget, dengan ikut kursus, kita bisa terus mengikuti perkembangan. Kalau biaya kursus kita sudah gratis bahkan sudah dapat penghasilan tambahan dari affiliate, apa masih kepikiran keluar? Enggak apa deh kursus terus, khan kita juga harus terus belajar...

Soal AdSense juga, yang saya takutkan proses pendaftarannya, ternyata relatif lancar tuh. Tapi... dapetin duitnya enggak semudah itu. Blog saya yang bahasa Inggris Learn-Strategic-Internet-Marketing.blogspot.com sepi banget, kadang pengunjungnya hanya saya seorang. Dari segi kualitas artikel, pasti lebih bagus di sana, soalnya banyak yang dari PLA / PLR, cuman mungkin enggak unik ya kontennya. Pasti ada sebab lain juga nih. Hm harus dicari nih letak kesalahannya...

Itu sebagian cerita saya mengenai seni mencari uang lewat internet. Tidak sesusah yang ditakutkan tapi tidak juga semudah yang diinginkan. Terserah deh mau pakai istilah gampang-gampang susah atau susah-susah gampang. Yang jelas butuh keuletan dan perjuangan juga. Mengumpulkan receh demi receh, berusaha mencapai pasive income.

Baca Selengkapnya......

Saturday, 17 January 2009

Tips SEO Google

Hari ini saya ingin melanjutkan belajar tentang teknik SEO Google. Tips berikut ini seperti pada artikel Google Search Engine, diambil dari Buku 164 Trik Jitu Mempopulerkan Situs Web karangan Ganesha Progress dan Rahmat Rafiudin. Mengenai kebenaran tips ini saya juga tidak tahu. Lagipula Google sering sekali mengubah algoritmanya dan siapa sih yang bener-bener tahu rahasia Google? Kalau sudah terbongkar namanya bukan rahasia lagi dong :) .

Strategi Jumlah Link yang Terhubung
Dalam menentukan PageRank, Google memperhitungkan jumlah link yang tersambung ke halaman kita:
- Misal halaman X memiliki jumlah vote PR tertentu. Jika situs Y merupakan satu-satunya link dari halaman X, maka Google percaya kalau X merasa Y adalah link terbaik dan memberi PR lebih.
- Bila X memiliki 50 link, X berpikir situs kita hanya termasuk 50 besar link terbaik. Semakin banyak jumlah link yang dimiliki sebuah halaman, semakin kecil peningkatan PR.
- Seharusnya me-link ke situs dengan PR 6 akan meningkatkan PR kita secara signifikan. Namun bila situs ber-PR 6 tersebut memiliki 100 link ke situs lainnya, peningkatan PR kita menjadi tidak berarti.
- Sebaliknya jika suatu situs hanya memiliki PR 2 namun di sana hanya ada satu situs lain yang ter-link, peningkatan PR akan lebih banyak daripada ngelink ke situs PR 6 yang ada 100 link.

Formula Google PageRank
PR(A) = (1-d) + d(PR(t1)/C(t1) +...+ PR(tn)/C(tn)
keterangan:
PR(A) adalah peningkatan PageRank halaman A yang didapat setelah ter-link dengan situs orang lain (t1)
PR(t1) adalah PageRank dari halaman yang ter-link pada kita
C(t1) adalah total link yang dimiliki (t1).

Kekuatan voting sebuah halaman bernilai 0.85 dari PR halaman-halaman aktual, dan nilai voting ini tersebar secara merata diantara situs-situs yang terlink pada halaman bersangkutan.

Pentingnya ODP untuk Google PageRank
Untuk menaikkan PageRank blog kita, daftarkan ke ODP (Open Directory Project). Dmoz.org adalah ODP yang disupport oleh Google. 75-80% dari 10 besar di search engine adalah link yang terindex dan terdaftar pada Dmoz.org.

Minimal daftarkan halaman depan situs kita ke ODP. Ada banyak situs yang mendaftarkan 5-10 halaman. Namun, lakukan secara berselang. Jika kita mendaftarkannya sekaligus, bisa dianggap spam, akibatnya halaman situs kita bisa di-ban semuanya.

Keyword dalam tag Title:
- Tag title dengan panjang 10-60 karakter, tanpa karakter spesial/simbol

Keyword dalam tag Meta Description
- Memperhatikan tema, kurang dari 200 karakter
- Google tidak lagi "berpatokan" pada tag ini, tapi akan sering menggunakannya

Keyword dalam Tag meta keyword
- Memperhatikan tema, kurang dari 10 kata
- Setiap kata dalam tag ini HARUS muncul di teks body. Jika tidak, dapat dipenalti karena tidak relevan
- Tidak boleh ada kata yang muncul lebih dari 2 kali. Jika muncul berulang-ulang, bisa dianggap spam.
- Google sengaja tidak menggunakan tag ini, tapi search engine lain masih menggunakan.

Baca Selengkapnya......

Thursday, 15 January 2009

Google Search Engine

Google Search Engine merupakan mesin pencari raksasa yang terpopuler dan terbesar saat ini. Banyak orang berlomba-lomba untuk masuk peringkat atas di Google dengan mempelajari teknik SEO (Search Engine Optimization). Mengapa Google begitu populer? Kalau kita lihat desain websitenya, terkesan sangat sederhana. Tidak ada iklan, gambar, maupun animasi. Terus apa dong kelebihan Google?

1. Hasil pencarian dari search engine Google sangat relevan, akurat dan disajikan dengan cepat pula. Hal ini berkaitan dengan sistem algoritma Google dan tehnologi PageRank-nya.

2. Kecepatan Spider Google bisa diandalkan dalam mengindex dan melist website. Jika kita mendaftarkan alamat situs ke Google, waktu yang diperlukan sampai alamat situs kita terindex sekitar 1-2 minggu. Google juga secara reguler mengindex ulang URL situs kita.

3. Proses pengindex-an Google jauh lebih cepat dibanding search engine lain. Bahkan pengeditan yang kita lakukan misalkan mengubah judul, mengedit kalimat dalam postingan, distribusi keyword, dsb dapat dengan cepat dikenali dan di-update oleh spider Google.

Hal-hal yang perlu diketahui mengenai Google:
a. Google memperhatikan Title atau judul halaman
Google memberikan bobot yang banyak pada tag title halaman saat mencari keyword. Sebaiknya kita menulis teks judul yang mengandung keyword dengan kalimat yang mewakili konten dan mengundang perhatian pengunjung. Buat sesingkat mungkin

b. Google tidak menggunakan Metatag
Google tidak memperhatikan metatag seperti metatag keyword atau metatag deskripsi karena teks dalam tag tersebut tidak bisa dilihat pengunjung. Tapi kebanyakan search engine lain masih menggunakan meta tag.

c. Google memperhatikan deskripsi pada beberapa baris pertama halaman kita
Hal ini berarti kita harus memiliki keyword dan kalimat yang tepat / relevan di bagian atas halaman (paragraf pertama).

d. Google mempertimbangkan kerapatan keyword
Kemunculan keyword yang sering dapat mencuri perhatian Google. Kita sebaiknya menyebar keyword dalam artikel kita. Tapi jangan terlalu banyak karena bisa dianggap spam.

e. Google memberi bobot besar pada kata-kata diantara tag heading
Pastikan menyimpan kata-kata yang paling penting di dalam tag-tag heading, sesering mungkin di seluruh halaman. Buat juga keyword yang muncul dalam tag bold (dicetak tebal).

f. Google mengindex Tag alt-image
Dulu Google mengindeks teks dalam tag alternatif image atau alt-image. Tidak diketahui apakah algoritma ini masih berlaku atau tidak. Namun tidak ada salahnya jika kita menaruh keyword penting dalam tag ini.

g. Menaruh keyword di dalam link ke situs kita
Relevansi halaman juga dapat ditingkatkan dengan menaruh keyword di dalam link-link yang menuju situs kita.

h. Keyword dalam link berpengaruh kuat pada tebakan setiap orang
Jika Anda melakukan tukar link, gunakan kode HTML yang menyertakan keyword yang tepat

i. Pahami Google PageRank
Untuk memutuskan situs mana yang lebih baik, Google menggunakan sistem PageRank. Untuk mengetahui level PageRank, kita dapat menggunakan Google Toolbar .

j. Google tidak begitu saja menghitung jumlah incoming link di halaman web
Google menganalisis halaman yang mendapatkan vote apakah berbobot atau tidak.

Itu sebagian algoritma yang digunakan Google, terutama dalam menempatkan urutan suatu situs di Google search engine.

Sumber: 164 Trik Jitu Mempopulerkan Situs Web (Ganesha Progress dan Rahmat Rafiudin)

NB: Thanks untuk Novianti yang sudah berbaik hati memberikan buku tersebut.

Baca Selengkapnya......

Tuesday, 13 January 2009

Berhasil Membuat Blog di Blogger

Artikel lama saya Hari Gini Belum Punya Blog ternyata berhasil mengelitik seseorang untuk tergerak hatinya membuat blog. Hari ini orang tersebut menunjukkan kalau akhirnya dia berhasil membuat blog di blogger. Blog tersebut masih berisi 2 postingan, tapi ini sudah merupakan awal yang bagus. Membuat blog menunjukkan adanya kemauan untuk melangkah, untuk membuat suatu perubahan.

Banyak orang bilang kalau membuat blog di blogger itu gampang banget, cukup 3 langkah. Tapi... bagi pemula seringkali yang menjadi masalah bukan 3 langkahnya, melainkan bingung tidak tahu harus menulis apa. Topik apa yang akan ditulis di blog, apa judulnya, dsb. Jadi untuk memulai langkah itu rasanya berat banget. Nah kalau sudah berhasil membuat blog di blogger berarti sudah melewati 3 langkah pertama khan...Selamat ya sudah berhasil mengalahkan diri sendiri.

Kenapa mengalahkan diri sendiri? Karena yang membuat kita takut melangkah itu khan kita sendiri. Kita ciptakan pikiran negatif, ketakutan, hambatan, dan alasan. Akhirnya kita semakin ragu untuk melangkah.

Coba perhatikan anak kecil yang masih polos, yang sedang belajar berjalan. Kalau kita tidak menakut-nakutinya, dia akan berjalan tanpa beban, kesana kemari dengan riang. Namun seringkali kita sebagai orang tua mamarahi atau menegurnya awas jangan ke sana, hati-hati, jangan cepat-cepat, aduh nanti jatuh lho, dsb. Akibatnya anak yang tadinya begitu polos, tidak punya rasa takut menjadi ragu dan ketakutan. Bener enggak?

Begitu pula pikiran kita. Kalau kita tanamkan di pikiran kita sesuatu yang positif maka otak kita akan kreatif mencari jalan keluar permasalahan yang ada. Sebaliknya kalau kita beri makanan negatif maka hasilnya negatif juga. Karena itu lingkungan pergaulan besar sekali pengaruhnya.

Demikian pula dalam proses belajar internet marketing ini. Kita lihat ada pihak yang suka menggampangkannya, seolah-olah mencari uang di internet itu mudah banget. Disodorkannya hal yang katanya rahasia. Ternyata setelah diselidiki banyak rahasia tersebut tidak cocok diterapkan di Indonesia bahkan mungkin dia sendiri belum mencobanya.

Ada orang yang telah mencoba tapi gagal dan menyebarkan berita negatif tanpa mempelajari terlebih dahulu apa faktor penyebab kegagalannya. Mereka bilang internet marketing itu bohongan, tipuan, dsb. Benarkah demikian?

Kalau saya perhatikan, banyak orang yang akhirnya sukses di bidang internet marketing ini bukan dengan proses yang mudah atau instan. Kebanyakan ahli internet marketing mengalami masa-masa sulit, namun mereka tidak putus asa, mereka terus berjuang untuk kesuksesan. Mereka yakin kalau internet marketing benar-benar menghasilkan, tapi perlu dicari caranya, langkah sukses atau formulanya.

Nah bagaimana dengan Anda? Mana yang ingin Anda ikuti? Seandainya Anda ingin pergi ke suatu tempat yang belum pernah Anda kunjungi, Anda bertanya pada 3 orang:
1. Orang pertama menjawab kalau gampang banget deh, ikuti aja petunjuk jalan yang ada, pasti sampai tujuan.
2. Orang kedua menjawab aduh rutenya susah, sudah jangan buang waktu, enggak usah ke sana.
3. Orang ketiga memberi peta kepada Anda, menunjukkan kalau ada jalan yang rusak di sini, terus ini ada jalur alternatif. Jangan lupa membawa bekal karena perjalanan cukup panjang dan di jalan kadang tidak ada orang yang berjualan makanan.

Nah, mana yang menurut Anda yang paling tepat Anda percaya? Yang membuat Anda siap untuk melangkah? Orang pertama yang menggampangkan masalah ternyata ke sana aja belum pernah. Orang kedua adalah orang yang pernah mencoba namun gagal. Orang ketiga adalah orang yang sudah berhasil di bidangnya dan bisa membimbing Anda secara detail, langkah demi langkah, membuat Anda siap menghadapi segala kondisi.

Saya memilih orang nomer 3 sebagai guru saya. Guru saya tersebut adalah Anne Ahira. Bagaimana dengan Anda?
NB: Bila ingin mengetahui blog teman yang saya ceritakan di atas, silakan klik Seiring Waktuku.

Baca Selengkapnya......

Saturday, 3 January 2009

Tips dan Strategi Meningkatkan Google PageRank (PR)

Pagi ini aktivitas belajar internet marketing saya mulai dengan membuka email. Sudah ada beberapa email yang masuk, diantaranya dari langganan RSS. Ada postingan terbaru dari Slikers, Berbicara dengan Alam, dan Bloggueboo. Ternyata Slikers baru pulang liburan jadi lama enggak posting, wah Slikers dapat Google PageRank 4. Salut nih, pf ya. Alam lagi bingung mau mempersiapkan diri menjelang ujian. Blog Alam juga naik jadi PR 3. Blogguebo yang Google PR 4 memuat tentang 20 Opini Blogger Tentang Prospek Menghasilkan Uang Lewat Blog di Tahun 2009.

Di tahun 2009 ini banyak blogger yang bersemangat soalnya tanpa diduga menjelang tahun baru Google membuat kejutan, tumben nih murah nilai. Banyak yang terkejut dan enggak menyangka kalau Google PageRank-nya bisa naik begitu pesat. Blog Slinkers belum genap 3 bulan sekarang sudah jadi PR 4. Hm perlu diintip nih apa ya rahasia suksesnya. Apa karena link-nya banyak ya? Coba ah baca tips Slikers dalam meningkatkan Google PR:

1. Banyak berdoa
Alasannya karena enggak ada yang tahu pasti bagaimana algoritma Google dalam meningkatkan PageRank. Hm akhir tahun ini banyak yang doanya dikabulkan ya...atau Google yang lagi baik hati jadi Santa Claus?

2. Inbound link (link yang masuk blog) > outbond link (link yang keluar blog).
Google memang suka dengan link. Baik itu inbound link, outbound link, internal linking. Ayo kita saling tukar link. Buktikan bener enggak pada update berikutnya Google PR kita makin meningkat.
Blog Motivasi Arief yang umurnya genap 1 bulan hari ini, berarti waktu Google update PR blog tersebut belum 1 bulan umurnya, hebatnya langsung dapat PR 1. Kalau dilihat Arief juga rajin melakukan link exchange.
Blog Sam Imgaul langsung lompat jadi PR 3.
Masih banyak lagi blog lain yang dapat hadiah kenaikan PageRank dari Google. Bagi yang Google PageRank belum naik atau malah turun jangan putus asa ya...

3. Saling bertautan (internal linking)
Buat artikel di blog kita saling ngelink satu sama lain. Atur strategi yang baik, kalau bisa sambil nembak keyword. Tapi hati-hati jangan terlalu membombardir satu artikel yang sama terus-menerus, ntar Google malah marah lagi.

4. Backlink
Kita harus mengusahakan ada banyak back link yang masuk ke blog kita. Caranya bisa dengan membuat artikel yang bagus sambil berharap ada yang menyadurnya sambil memberikan backlink (contohnya seperti artikel ini yang sudah ngasih backlink ke Blogguebo, Slinkers, Blog Motivasi Arief dan Sam Imgaul :) ).
Cara lain untuk mendapat backlink adalah:
- Mendaftarkan blog kita ke macam-macam blog direktori seperti blog catalog, mybloglog, top of blogs, blogtoplist, Blog Indonesia, BlogRankings, dsb.
- mengirim artikel kita misal ke lintas berita, info gue, dsb.
- Berkomentar di blog lain, terutama yang menganut paham do follow atau you comment I follow.
- Bergabung di forum yang sejenis dengan tema blog kita dan memperbolehkan kita menulis signature blog kita.
- Mencantumkan blog kita di social media site seperti facebook.

Alexa Rank berbeda cara perhitungan dengan Google PankRank, bisa dibaca di artikel Mengenal Alexa Rank dan Google PageRank. Baca juga artikel Tips meningkatkan Alexa Rank. Ok selamat mencoba dan semoga berhasil.


Baca Selengkapnya......

blogger templates 3 columns | Make Money Online