Wednesday, 24 September 2008

Mengintip Situs yang Sukses dengan Google AdSense

Untuk membuat situs yang bisa sukses didaftarkan ke Google AdSense dan meraih penghasilan dari AdSense tentunya memerlukan persiapan yang matang. Agar kita dapat termotivasi dan lebih yakin dengan Google AdSense ini, yuk kita intip situs orang-orang yang telah sukses meraih dollar dari program AdSense. Kita cari tahu apa sih kunci sukses mereka.


Adam Pahlevi Baihaqi dalam bukunya "Monetizing" Your Blogger Now! membahas delapan orang yang berhasil dalam dunia AdSense, sebelumnya hal ini telah ditulis oleh John Chow (Making Money Online Blogging Tips). Kedelapan orang itu adalah:

1. Markus Frind, penghasilan rata-rata $300.000/bulan
Pemilik situs Plentyoffish.com (http://www.plentyoffish.com). Plentyoffish.com is Social Dating.
Markus Frind warga kota Vancouver bersama istrinya mengelola situs Plentyoffish, situs jodoh terbesar di internet. Plentyoffish.com ini menerima sekitar 500 juta page views per bulan dan menghasilkan lebih dari $10,000 per hari.

Sebagai blog servicenya, Plentyoffish menggunakan jasa WordPress.org. Situs ini membutuhkan empat buah server untuk mengoptimalkan traffic yang begitu besarnya. Namun demikian untuk mengelola situs ini Markus hanya dibantu istrinya yang bertugas menjawab email-email, dan situs ini dibuat dan dimanajemen dari rumah.

Dalam tulisannya The Paradigm Shift adapt or die, Markus Frind CEO Plentyoffish.com menulis banyak artikel yang menarik. Diantaranya Any Idiot can make millions off Google, How to make a lot of money online via AdSense, Small companies and Google AdSense is the future, dan artikel-artikel lainnya.

Kunci sukses situs ini karena Plentyoffish menjadi yang pertama, Plentyoffish tidak seperti biro jodoh tradisional lainnya. Plentyoffish is 100%free, No Charges Ever. Put Away your Credit Card. Anda berminat? Coba aja masuk ke situsnya.

2. Kevin Rose, berpenghasilan $250.000/bulan
Pemilik situs Digg - All News, Videos & Images (http://digg.com)
Kevin Rose membuat situs Digg pada bulan Desember 2004 dengan modal $1000. Digg merupakan salah satu situs berita terbesar di internet dengan anggota lebih dari 400,000 orang dan lebih dari 200 juta page views per bulan.

Tahun ini Digg bakal menghasilkan $3juta dari kombinasi Google AdSense dan Federated Media, dengan komposisi sekitar 80% dari Google AdSense.

Sebenarnya Digg adalah penyedia layanan social content. Fungsi Digg adalah tempat pengguna internet berbagi cerita atau berita yang diperoleh dari web / blog lain. Pembaca dapat memberikan vote dengan cara men-digg artikel tersebut yang menandakan bahwa artikel tersebut disukai. Semakin banyak artikel mendapat digg, berarti semakin favorit dan berkesempatan berada di halaman pertama dig.com sehingga dapat dilihat jutaan pengunjung digg.com.

Di digg.com juga disediakan sarana untuk berkomentar dan berkomunitas sesuai topik yang dipilih. Karena Digg.com merupakan media sosial yang memiliki banyak anggota, para internet marketer sering menggunakan Digg.com dalam rangka mengoptimasi blog / website.

Di Indonesia juga telah ada situs yang sejenis dengan Digg.com yaitu Lintas Berita / Berita Terpilih (http://www.lintasberita.com) dan Kilasan.Com - Kilasan Berita dari Anda untuk Kita semua (http://www.kilasan.com). Mampukah mereka mengikuti jejak sukses Digg.com?

3. Jeremy Schoemaker, berpenghasilan $140.000/bulan
Pemilik situs ShoeMoney Skills to Pay the Bills (http://www.shoemoney.com)
Jereny Schoemaker, seorang Search Engine Marketer (SEM) yang jago internet marketing. Schoemaker sangat tahu bagaimana memanfaatkan Google AdSense dan AdWords sekaligus.

Jeremy Schoemaker memulai bisnis onlinenya dengan membuat situs game sederhana untuk Macintosh. Saat itu dia masih duduk di bangku kuliah. Berbekal pengalaman tersebut , dia dapat mendirikan perusahaan dotcom, yaitu ShoeMoney Media Group. Produknya diantaranya Auction Ads (sekarang merger dengan ShoppingAds), Below a Buck (situs lelang produk dengan harga di bawah 1$), dan Elite Retreat (seminar bisnis online).

4. Jason Calacanis, berpenghasilan $120.000/bulan
Pemilik situs weblogs.com A VeriSign Service (http://www.weblogs.com)
Sebelum Jason Calacanis menjual Weblogs,Inc kepada AOL senilai $25 juta, Calacanis mendapat $4.000 per hari dari Google AdSense.

Karena kehebatan Weblogs, oleh Google, Webblogs dipakai sebagai contoh keberhasilan dalam dunia AdSensening. Setelah AOL turun tangan, keuntungan bersih Weblogs bakal lebih dari $120.000 sebulan dari Google AdSense.

5. David Miles Jr. & Kato Leonard, berpenghasilan $100.000/bulan
Pemilik situs Free Web Layouts -Myspace Layouts, Backgrounds, Graphics, Codes, & and more! (www.freeweblayouts.net)
David Miles Jr. & Kato Leonard mendapat penghasilan dari situs mereka FreeWebLayouts.net yang memberi secara gratis templete untuk MySpace.com

6. Tim Carter, berpenghasilan $ 30.000/bulan
Pemilik situs Ask The Builder - The Home Improvement Resource www.AskTheBuilder.com
Tim Carter, Nationally Syndicated Newspaper Columnist, adalah seorang tukang kayu dan ahli perpipaan terdaftar dan punya acara radio sendiri, juga sering tampil di televisi. Tim Carter mendirikan AskTheBuilder.com di tahun 1995 dengan tujuan mengumpulkan sejawatnya sesama tukang kayu di situsnya.
Pendapatan Tim Carter dari AdSense berkisar $1.400 per hari dan terus berkembang. Hal ini karena Carter sangat antusias dengan AdSense dan tetap fokus pada pengembangan isi situs. Carter juga membuat semacam built-in tools untuk mengukur kinerja iklan dan melakukan perubahan untuk memaksimalkan pendapatan. Orang-orang datang ke Carter untuk minta tolong dan mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan dari kolom, nasehat, tulisan Carter dan dari iklan AdSense.

7. Joel Comm, berpenghasilan $24.000/bulan
Pemilik situs AdSense Secret (http://adsense-secrets.com), Make Money Online - Joel Comm's Blog, Google AdSense Breaking News.
Joel Comm seorang get rich quick. Joel Comm merupakan New York Times Best Selling Author and Social. What Google Never Told You About Making Money with AdSense merupakan e-book yang dibuat Joel Comm dan menjadi best seller.

8. Shawn Hogan, berpenghasilan $10.000/bulan
Pemilik situs Digital Point Solutions (http://www.digitalpoint.com), Free Keyword Suggestion Tool (Wordtracker Suggestion Tool & Overture Bid Tool Combined) & Keyword Generator, All Other Tolls Forum.
Shawn Hogan mendapatkan $10.000/bulan dari Google AdSense dengan menggunakan model pembagian keuntungan yang unik. Google membayar Digital Point sebesar $10.000/bulan tanpa tergantung berapa banyak orang yang mengklik iklan.

Itu semua sekilas tentang delapan orang yang sukses dengan Google AdSense, masih banyak lagi yang lainnya. Anda berminat mengikuti jejak mereka?

Baca Selengkapnya......

Wednesday, 17 September 2008

Passive Income dari Google Adsense? Beneran Nih?


Kata-kata Bu Guru Ahira tentang mendapatkan passive icome dari Google Adsense membuat saya kepikiran. Beneran nih, apakah itu juga berlaku buat saya? Gimana ya caranya biar bisa menaklukkan Google Adsense ini? Harus pakai strategi apa ya? Kenapa ya ada orang yang bisa berhasil mendapat penghasilan besar, kenapa ada yang cuman recehan, bahkan kenapa ada yang gagal? Yuk kita coba cari tahu jawabannya....

Apa sih Google Adsense itu?

Google, nama ini langsung mengingatkan kita pada search engine (mesin pencari) yang terkenal, kalau kita sedang berselancar di internet dan ingin mencari suatu artikel atau tidak tahu tentang sesuatu tanyakan aja pada google, ketikkan kata kunci yang kita cari, maka akan keluar berbagai artikel yang mendukung. Nah tahukah Anda siapa sih yang menulis artikel-artikel itu? Ternyata siapa pun bisa, bahkan kalau mau kita pun bisa. Masa sih? Terus apa untungnya bagi kita?

Ternyata bila kita menulis artikel dalam web atau blog kemudian kita daftarkan ke google adsense, maka oleh google adsense artikel kita akan diberi iklan yang sesuai dengan tema yang kita tulis. Apabila ada yang mengklik iklan tersebut maka kita akan mendapat uang, dalam bentuk US$. Wow!

Yang mana sih iklannya google adsense itu?

Iklan google adsense ada yang berbentuk teks, gambar, video, unit link, dan adsense penelusuran. Iklan ini yang ada tulisan Ads by Google itu lho, biasanya sengaja diatur agar kelihatan menyatu dengan artikel yang ada, tujuannya agar orang yang sedang mencari informasi mengenai artikel tersebut tertarik mengklik iklan Google Adsense ini. Contoh google adsense berbentuk teks bisa dilihat di http://www.e-traderworld.com

Di contoh di atas terlihat bahwa karena etraderworld memuat informasi mengenai online trading, iklan yang diberikan oleh google adsense juga memiliki tema yang sejenis seperti The Stock Market Center, Forex Trading - Free Demo, Trader Makes 18 Billion, dsb. Karena sejenis inilah maka kans iklan Ads by Google (Google Adsense) ini untuk diklik pencari informasi cukup besar. Menarik bukan?

Bagaimana Google Adsense Bisa Menjadi Passive Income?

Kalau kita bicara tentang passive income, orang akan teringat pada Robert Kiyosaki. Mendapatkan penghasilan melalui iklan di internet melalui website kita juga merupakan salah satu passive income. Karena google adsense merupakan iklan di internet yang dipasang di website kita berarti memenuhi persyaratan sebagai passive income.

Untuk mendapatkan penghasilan dari google adsense ini kita perlu kerja keras dulu, membuat web / blog kemudian mendaftarkannya pada program google adsense. Kita harus berusaha agar web / blog kita memiliki traffik yang banyak. Setelah semuanya itu tercapai, secara otomatis selama tema yang kita ambil masih relavan dengan perkembangan zaman, dan selama program google adsense ini masih ada (kita enggak kena banned), selama ada pengunjung yang mengklik iklan Ads by Google kita, maka google adsense akan membayar kita. Inilah yang dinamakan passive income, penghasilan akan terus mengalir meskipun kita sudah tidak bekerja lagi.

Berarti bener nih google adsense bisa memberikan passive income buat kita, tinggal sekarang gimana caranya nih? Gimana strateginya? Bentar ya belajar dulu lagi. Kayaknya penjelasan tentang strategi menaklukkan google adsense ini masih panjang, lanjut di artikel berikutnya aja ya.

Oh ya bagi yang ingin baca-baca, nih ada forum yang membahas tentang adsense biar kita yakin ternyata orang Indonesia sudah banyak lho yang berhasil memasang google adsense ini di web / blognya. Silakan register dulu ya di http://www.adsense-id.com/forums/. Sebenarnya di Asian Brain juga ada forum diskusi malah topiknya bermacam-macam tapi kalau mau masuk forumnya Asian Brain harus jadi member dulu. Bila ada yang tertarik ingin ikut kursus Asian Brain, bisa di klik di sini.

Baca Selengkapnya......

Strategi dan Syarat Web / Blog Disetujui Google Adsense

Setelah tahu kalau Google AdSense bisa menghasilkan passive income, sekarang kita perlu mempelajari apa aja sih yang perlu kita persiapkan dan kita lakukan sebelum mendaftarkan web / blog kita pada google adsense.

Persyaratan utama untuk mendaftar google adsense ini adalah kita harus memiliki web / blog yang sudah online (sst pakai blog gratisan dari blogger ini juga bisa lho buat didaftarin google adsense). Situs yang kita daftarkan pertama kali untuk google adsense ini harus dalam bahasa yang disupport oleh adsense, sayangnya bahasa Indonesia tidak termasuk dalam daftar itu. Kalau kita tetap nekad mendaftarkan situs dalam bahasa Indonesia maka iklan yang keluar adalah iklan layanan masyarakat yang kalau diklik tidak menghasilkan uang. Wah tentunya kita enggak mau dong.

Jadi sebaiknya kita memakai bahasa Inggris atau bahasa-bahasa lainnya yang disupport oleh adsense untuk pendaftaran pertama ini. Situs yang kita daftarkan tersebut harus memuat informasi yang menarik, sebaiknya yang sering dicari (disearch) di internet tapi saingannya enggak banyak (niche/ pasar ceruk yang spesifik). Situs ini memuat paling sedikit 7 - 10 halaman, lebih banyak lebih baik.

Aduh nulis 1 artikel pakai bahasa Inggris aja sudah susah, kalau harus banyak artikel gimana nih? Ada yang berpikiran seperti saya? Hm coba kita pikir deh, benernya kita waktu sekolah / kuliah sering juga khan dapat tugas bikin makalah, malah yang sudah lulus kuliah pernah melewati gimana rasanya bikin skripsi. Nah situs untuk adsense ini harusnya enggak lebih berat dari itu khan, apalagi ada iming-iming passive incomenya, masa sih kita enggak mau?

Soal pakai bahasa Inggris nih ada kabar baiknya, setelah membaca buku Langkah Mudah Meraup Dolar Lewat Internet yang dikarang Bapak Taufik Hidayat (pakarvalas@gmail.com, bukan pemain bulutangkis itu lho ya), ternyata artikel dalam bahasa Inggris ini bisa kita temukan di internet. Bahkan bila Anda punya dana berlebih dan tidak mau pusing-pusing dengan content, bisa cari penulis content di www.elance.com, www.moneycashmaker.com,atau beli toolsnya di www.adsensematic.com.

Selain itu ada juga lho program pembuat konten, ada yang manual ada pula yang otomatis, cukup memasukkan beberapa keyword pada program tersebut, maka akan muncul artikel atau content yang sesuai dengan keyword tersebut. Wow canggih juga ya...

Beberapa program pembuat content:

1. Adsense Page Generator: kita tinggal memasukkan beberapa keyword, artikel akan jadi dengan sendirinya. Program ini dijual seharga US$ 9.95 di www.Adsensepagemaker.com. Bila masih ragu, bisa download versi demonya di http://www.AdSensepagemaker.com/apmsetup.exe

2. Adsense Exposed. Program ini dijual US$ 19.95, versi trial dapat dicoba di sini atau di sini

Artikel-artikel di GoArticles bisa dicari di www.goarticles.com atau www.goarticles.net. Program gratisan bisa digunakan Smart Page Generator dan Page Generator .

Kita perlu membuat content dengan beberapa sub content karena google loves content. Content ini dapat berupa teks, gambar, suara, video, dan animasi.

Untuk member Asian Brain, Anne Ahira dan support teamnya sudah menyediakan puluhan niche keyword yang bisa didownload setiap bulannya di member area. Untuk content, telah disediakan alat yang bisa digunakan untuk mencari content website. Salah satunya adalah Press Release Finder, alat pencari press release yang bisa digunakan untuk kebutuhan content situs member. Juga disediakan ratusan ribu artikel dari berbagai macam topik melalui AB-ACE. Selain itu di Asian Brain juga tersedia Private Label Articles yaitu kumpulan artikel yang ditulis oleh proffesional copywriter dari Amerika, khusus untuk member Asian Brain. Artikel ini dijual terbatas, 1 private label yang berisi 25 - 30 artikel/topik seharga Rp 60.000 dan hanya dijual terbatas kepada 100 orang member Asian Brain (kalau artikel gratis di internet banyak yang memakainya sehingga tidak lagi bersifat unik).

Strategi Jitu untuk Meningkatkan Adsense (Versi Anne Ahira):
1. Bangun situs berdasarkan SEO
2. Posisi strategis untuk penempatan adsense
3. Format adsense yang popular
4. Gunakan keywords mahal
5. Bangun situs untuk adsense sebanyak-banyaknya

Sementara itu dulu deh, berarti kalau kita mau mengikuti google adsense ini, kita harus mempersiapkan situs boleh berupa web atau blog (sebaiknya dibuat di blog yang mendukung Google Adsense, misalnya blogger yang juga milik google). Situs itu harus dibuat dalam bahasa yang disupport oleh google adsense. misalkan bahasa Inggris. Bila kita kesulitan dalam membuat situs berbahasa Inggris, di internet sudah tersedia banyak artikel, ada yang gratis, ada pula yang harus membayar. Selain itu ada pula tools pembuat content, kita bisa pula membayar penulis content.

Untuk member Asian Brain, telah disediakan pula berbagai kemudahan. Sekarang tergantung kita nih mau pilih yang mana. Banyak jalan menuju Roma. Agar dapat sukses jangan lupa belajar dari orang yang sudah berhasil, perhatikan strategi dan rambu-rambu yang diberikan. Ok, selamat mencoba.

Baca Selengkapnya......

blogger templates 3 columns | Make Money Online