Monday, 13 October 2008

Menggunakan Fasilitas FeedBurner

Sebelumnya mendaftar ke FeedBurner, tentunya kita perlu tahu apakah feed itu dan kenapa kita perlu mendaftarkan situs kita ke FeedBurner. Feed adalah format data yang digunakan untuk mengupdate konten. Isi feed murni 100% text dan gambar. Hal ini tentunya berbeda dengan blog yang selain berisi text dan gambar juga terdiri dari menu navigasi, banner, iklan, widget, dsb. Feed merupakan jalan untuk mendaftarkan diri ke Google Webmaster Tools karena crawder bot, robot Google yang mengindeks situs membutuhkan feed.

FeedBurner adalah salah satu situs yang mau memanagement Feed kita secara gratis. FeedBurner menyediakan berbagai fasilitas seperti email subscriptions, FeedCount, PingShot, Chicklet Chooser, Headline Animator, dan lain sebagainya. FeedBurner telah diakui Google sebagai Feed Management terhebat. Bila kita mau menggunakan jasa FeedBurner, kita perlu register dulu, masuk aja ke http://feedburner.com.

Setelah situs FeedBurner terbuka, klik sign in bila Anda sudah pernah mendaftar sebelumnya atau register bila ini pertama kalinya Anda menggunakan jasa FeedBurner. Untuk register, Anda perlu mengisi username, password, password (again), email address, secret question, dan secret answer. Jika sudah tekan tombol sign in.

Pada textbox 'Burn a feed right this instant' kita isi alamat blog kita ditambah dengan /atom.xml, setelah itu klik next.Kemudian akan muncul halaman yang memuat feed title, feed address, bila sudah benar klik activated feed. Setelah itu akan muncul halaman selamat karena FeedBurner kita sudah siap.

Selanjutnya copy alamat Feed yang kita dapat dari FeedBurner, terus kita masuk ke blog yang kita daftarkan tadi (buka www.blogger.com kemudian sign in), pilih pengaturan, feed situs, pada posting URL pengubahan arah feed, masukkan alamat feed yang telah kita peroleh dari FeedBurner tersebut. Setelah selesai simpan setelan.

Selanjutnya Anda sudah dapat mempergunakan fasilitas FeedBurner. Kita dapat Analyze atau menganalisa dan melihat perkembangan Feed kita, Optimize yaitu fasilitas untuk mengoptimalkan feed, Publize: fasilitas untuk mempublikasikan feed, Monetize: fasilitas untuk menghasilkan uang dengan feed, dan Troubleshootize yaitu fasilitas untuk memecahkan masalah. Selain itu kita dapat mencari dan menggunakan fasilitas FeedBurner seperti:
- Email Subscriptions: mengizinkan pembaca blog untuk men-subscribe feed kita melalui email
- Feedcount : statistik untuk mengetahui seberapa banyak orang yang men-subscribe feed kita lewat email
- PingShot : fasilitas untuk melaporkan kalau ada artikel baru di blog kita. Layanan ini diantaranya My Yahoo, Technorati, Blog Lines, Ping o Matic, News Gator, dan kita bisa memnambahan maksimal 5 layanan lagi dengan cara pilih layanan pada ComboBox, klik Add, kemudian klik Activate.
- Chicklet Chooser : fasilitas untuk memasarkan / mempromosikan feed. Kita dapat memilih cara otomatis ataupun manual. Bila memilih otomatis, kita tinggal memilih Blogger kemudian menekan tombol Go pada Use as Widget in. Kalau cara manual, kita pilih widget yang mau kita tampilkan pada blog kita, kemudian copy kode HTML yang ada di box, selanjutnya kita ke www.blogger.com, sign in, pilih tata letak, tambah gadget, pilih HTML / Java Script, klik tanda +, ctrl+V kode tadi di konten. Untuk judul terserah mau diisi atau dibiarkan kosong.
Headline Animator: untuk membuat banner yang berisi headline dari lima artikel terbaru.

Masih banyak yang dapat dilakukan dengan FeedBurner. Anda dapat mencobanya sendiri. Yuk dipraktekkan.

Related articles by Zemanta



Reblog this post [with Zemanta]

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



20 comments:

MUSIDA said...

tips bagus monetize blog saya di MUSIDA

Belajar Internet Marketing said...

thanks. Sukses untuk Anda.

Patria Fajar wibowo said...

eh kan kalo pake feedburner, suka ada kotak kecil gitunya tu gimana yah????

Belajar Internet Marketing said...

Coba masuk ke feedburner, klik di judul blog kita, masuk ke publicize, klik chiklet chooser. Di sana ada banyak pilihan, ada yang standard feed icon, ada yang custom. Apa benar itu yang dimaksud?
selamat mencoba, semoga sukses.

ditek said...

Bisa tidak menambah blog lebih dari satu di feedburner

Belajar Internet Marketing said...

1 feedburner bisa untuk banyak account kok. Ketik aja nama blog Anda di bawah tulisan
Burn a feed right this instant. Type your blog or feed address here:
di feedburner Anda http://feedburner.google.com

Kuda Demokrasi said...

ajari buat pagerank yach..........

Belajar Internet Marketing said...

Hai Kuda demokrasi,
Untuk tips meningkatkan pagerank bisa dibaca di http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2009/01/tips-dan-strategi-meningkatkan-google.html
Sedangkan kalau mau tahu beda alexa rank dan google page rank silakan baca di http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/10/mengenal-alexa-rank-dan-google-pagerank.html
Salam kenal dan salam sukses ya...

cahill said...

mas, tolongin terangin cara dapet duit dari feed dong !!!
masih newbie nih !!!
ditunggu link baliknya yah !!!
www.techno-kom.blogspot.com

Belajar Internet Marketing said...

Dapat duit dari feed? Melalui program Google Adsense maksud Anda? kayaknya blognya harus bahasa Inggris...
Saya lihat di blog Anda sudah banyak program penghasil uang yang Anda ketahui. Kalau PPL (Pay per Lead) sudah tahu belum? http://adf.ly/JHp
Salam sukses

rahasia masa depan said...

thx mas buat infonya..
kurang tao cara pake feedburner habisnya..hohoho

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal juga...
Tapi saya Mbak lho bukan Mas...

DDN said...

Hatur Nuhun! :)

s said...

apakah feed burner ini gratis? apakah langsung bisa digunakan pada Joomla

thanx ya

belajar internet marketing said...

yup fasilitas feedburner gratis kok dan bisa diaplikasikan untuk joomla. coba search di Google dengan kata kunci feedburner joomla.
salam kenal dan salam sukses

ibeqz69 said...

waduh, makasih yah, infonya bagus bgt, aku newbie nih, jadi butuh info2 kayak gini...

thanks..

recommender said...

halo admin, btw kalo ada gambar mungkin akan lebih baik dan jelas, inget pesen ane sob

I hear I forget
I read I remember
I do I understand

zoldik said...

thanks infonya gan,dari tadi ksana ksini nyari info buat feed burner :)

fakih said...

daftr untuk dua blog ga bisa ya...

kerja part time said...

wah mantap nih info... makasih...

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online